Total Tayangan Halaman

Entri Populer

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Tahukah Anda Perbedaan 3G dengan 4g? Berikut Ini Penjelasanya

Pastinya sekarang ini anda sering sekali mendengar yang namanya jaringan 4G LTE, yang memang sedang gencar-gencarnya dipublikasikan sebagai jaringan terbaru dan tercepat sekarang ini, nah tahukah apa yang dimaksud dengan 4G LTE itu? dan mungkin anda sudah lebih familier dengan yang namanya 3G dan apa hubunganya dengan 4G? serta apa perbedaanya untuk 3G dengan 4G ini? berikut ini penjelasan lengkapnya untuk anda.
tahukah anda perbedaan 3g dengan 4g berikut ini penjelasanya
sumber gambar: it-jurnal
Sebelumnya untuk mengenal 3G dan 4G ini kita kembali lagi tentang asal usul dari apa itu “G” atau sering disebut sebagai “Generasi” sebenarnya sebelum 3G itu ada beberapa istilah lain yang memang ditujukan untuk nama dari transmisi suatu kecepatan jaringan internet. Jadi untuk 3G itu bisa disebut dengan Generasi yang ketiga dan untuk 4G itu generasi yang keempat dalam hal jaringan.
Selain itu ada lagi untuk memperjelas yang dimaksud dengan Generasi ini adalah seperti berikut ini sejarahnya dari awal Generasi sebuah jaringan yang pastinya anda juga sering mendengarnya.
  • Generasi pertama 1G- (G) original analog cellular for voice (AMPS, NMT, TACS) yang mempunyai kecepatan 14.4 kbps.
  • Generasi kedua 2G – Digital narrowband circuit data (TDMA, CDMA) yang mempunyai kecepatan 9-14.4 kbps
  • Selanjutnya menjadi 2.5G – Packet data onto a 2G network (GPRS, EDGE) yang mempunyai kecepatan 20-40 kpbs
  • Generasi ketiga 3G – Digital broadband packet data (CDMA, EV-DO, UMTS, EDGE) yang mempunyai kecepatan 500-700 kbps
  • Selanjutnya Menjadi 3.5G – Replacement for EDGE is HSPA 1-3 mbps and HSDPA yang mempunyai kecepatan dapat mencapai 7.2Mbps
  • Generasi keempat 4G – Digital broadband packet data all IP (Wi-Fi, WIMAX, LTE)
Nah dari itu semua apakah sudah ada gambaran yang dimaksud dengan Generasi (G) yang sering orang bicarakan atau sering di iklan yang ada? selanjutnya kita bahas tentang apa sih perbedaan dari 3G dengan 4G itu? yang memang notabene sekarang ini beberapa vendor smartphone dan provider sedang gencar-gencarnya mempromosikan tentang 4 G LTE tersebut berikut ini penjelasanya

Perbedaan 3G dengan 4G

1. Untuk Generasi ketiga (3G)
Teknologi generasi Ketiga atau 3G ini sudah kita rasakan kegunaanya dalam hal internet, nah pada awal tahun 2001 sampai 2003 yang memang sebuah awal dari perkenalan tenologi generasi ketiga atau 3G ini, yang dimana sangat nyaman untuk digunakan karena untuk sesi kecepatan pastinya lebih cepat dari pada teknologi dibawahnya seperti EDGE.
EDGE (Enhanced Data for Global Evolution) ini adalah perkembangan dari GSM, yang dimana memiliki kecepatan 3 kali lebih cepat daripada GPRS, kecepatan dari EDGE sendiri mencapai 384 kbps, sedangkan untuk faslitas yang disediakan adalah masih seperti GPRS yakni email, mms, dan browsing.
Nah untuk yang 3G atau sering juga disebut dengan UMTS (Universal Mobile Telecommunication Service) yang memiliki kecepatna diatas EDGE, selaint iut untuk faslitas yang bisa didapat adalah tidak hanya email, mms, dan browsing sja, namun juga bisa video streaming, video conference dan video calling.
2. Untuk Generasi Keempat (4G)
Nah sudah tau kan untuk yang sebelumnya tentang 3G? yap untuk Generasi keempat ini sangat amat menakjubkan, jika dilihat dari sesi kecepatan jaringan dari generasi keempat atau  4G ini. kecepatan dari 4G ini mencapai 185 Mbps untuk download dan untuk opload mencapai 41mbps hal ini sudah dites oleh Indosat yang mencoba jaringan 4G LTE didaerah sekitar Monas pada 20 Novembber dengan menggunakan media BTS diatas gedung Indosat (sumber wikipedia). dan beberapa prodiver lain juga menguji coba untuk jaringan 4G ini selain itu merka jga tengah berlomba untuk memperluas jaringan dari 4G ini keseluruh peslosok Indonesia agar setiap kalangan bisa menikmatinya.
Sistem dari 4G ini menyediakan solusi IP yang komperhensif dimana suara, data dan arus multimedia dapat sampai kepada pengguna kapan saja dan dimana saja yang dimana untuk 4 G ini adalah yang paling tinggi dari generasi yang sbelumnya dari berbagai hal.
sumber: wikipedia.org,it-jurnal.com 

0 komentar:

Posting Komentar