Total Tayangan Halaman

Entri Populer

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Sejarah Teknik Elektro UNHAS

Jurusan Teknik Elektro, sebagai bagian dari Fakultas Teknik (FT) Universitas Hasanuddin (UNHAS) Makassar, berdiri tahun 1963. Ketika itu kampus UNHAS masih berlokasi di Baraya. Misi utama pendirian Jurusan Teknik Elektro pada masa itu adalah memberi peluang kepada putera-puteri yang berasal dari daerah untuk menempuh jenjang pendidikan tinggi dalam rangka memenuhi kebutuhan tenaga ahli bidang Teknik Elektro
Pada mulanya kurikulum Jurusan Teknik Elektro hanya merupakan kurikulum tunggal dengan beberapa matakuliah pilihan yang terbatas. Kurikulum ini mengalami berbagai perubahan dan perkembangan sejak tahun 1963, termasuk peralihan dari Program Sarjana Muda, Program Sarjana 6 tahun, sampai ke Program Strata dan Diploma yang dikenal sekarang. Pada tahun 1980, yaitu pada usianya yang ke 17, karena desakan lapangan kerja dan mahasiswa, kurikulum Jurusan Teknik Elektro dimekarkan menjadi 2 (dua) sub-program studi yaitu Sub-Program Studi Teknik Tenaga Listrik (TTL) dan Teknik Telekomunikasi dan Elektronika (TTE).
Pada tahuin 1985, Fakultas Teknik UNHAS pindah kampus ke Tamalanrea. Jurusan Teknik Elektro menempati lantai 3 gedung Fakultas Teknik dan sebagian gedung Heavy Laboratory. Bersamaan dengan itu, dilaksanakanlah pengadaan peralatan laboratorium yang baru. Selama sepuluh tahun dari tahun 1986 sampai tahun 1996, Jurusan Teknik Elektro FT-UNHAS bersama-sama dengan Jurusan Teknik Mesin mendapatkan Proyek Percepatan Insinyur (PPI) yang bertujuan meningkatkan produktivitas kelulusan.
Sesuai dengan ketentuan dari Konsorsium Nasional yang dituangkan dalam kurikulum tahun 1995, maka pada tahun 1995 (kemudian dimodifikasi sedikit pada tahun 1997) Program Studi Teknik Elektro mengalami pemekaran lagi menjadi 3 (tiga) sub-program studi, yaitu:
1. Sub-Program Studi Teknik Energi Listrik (TE)
2. Sub-Program Studi Teknik Telekomunikasi (TT)
3. Sub-Program Studi Teknik Komputer, Kendali dan Elektronika (TK)

0 komentar:

Posting Komentar